Sejarah Singkat

Husada Medical Institute Bandar Lampung (HMIBL) merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja Program Satu Tahun yang berdiri di Lampung. Dalam lintas perjalanan sejarahnya, pada September tahun 2019 Husada Medical Institute Bandar Lampung merupakan hasil metamorfosis dari Lembaga Pelatihan Kerja Husada (LPK. Husada) yang kemudian berkembang hingga saat ini.

Pada  mulanya,  Husada Medical Institute Bandar Lampung ketika bernama LPK. Husada merupakan lembaga pendidikan dan pelatihan kerja yang berfokus pada satu bidang jurusan yakni Program Pendidikan Kebidanan Husada (Asisten Bidan). Lembaga ini dipimpin oleh Drs. Salamudin Djakfar, berdiri pada tahun 2001 sebagai satu-satunya Lembaga Pendidikan Kebidanan Husada pada saat itu. Lembaga ini bertujuan membangun sumber daya manusia siap kerja guna memenuhi kebutuhan masyarakat terutama dalam bidang kesehatan.

Sejak tahun 2001, institut telah membuktikan sebagian besar Alumni yang lulus telah bekerja dan sebagian besar lagi melanjutkan ke Jenjang D3 atau S1 baik melalui program beasiswa berkelanjutan maupun penyaluran pendidikan ke jenjang berikutnya. Selain itu, Alumni telah dibekali keahlian pada bidang yang layak digunakan diberbagai lembaga pelayanan kesehatan (Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, Apotik dan sebagainya), lembaga pendidikan, dan perusahan lainya di seluruh Indonesia.

Pada 2016, institusi melanjutkan upaya pengembangan akademik yakni pegembangan program studi baru antara lain; Asisten Perawat dan Manajemen Farmasi. Kemudian pada tahun 2017-sekarang, kepemimpinan Lembaga dilanjutkan oleh DR. Fisman Bedi, M.M., M. Si. Selanjutnya laju pengembangan kampus ke arah kemajuan terus digalakkan dengan motto: Smart Is Always Different.

Saat ini, Husada Medical Institute Bandar Lampung telah terakreditasi dan mendapatkan ijin resmi dari Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kota Bandar Lampung. Program Studi Husada Medical Institute antara lain: Asisten Bidan, Asisten Perawat dan Manajemen Farmasi. Husada Medical Institute Bandar Lampung memiliki Fasilitas yang cukup memadai, dan memiliki pengajar yang Kompeten di bidangnya baik dari lulusan S1 dan S2 maupun praktisi kesehatan.

Post a Comment

0 Comments