Asisten Perawat

PROGRAM PROFESI ASISTEN PERAWAT

Asisten perawat adalah orang yang bertugas membantu pekerjaan keperawatan orang yang sakit. Disebut asisten, karena, orang yang bertugas utama merawat, sudah ada. Asisten ini hanya membantu tugas perawat pada saat-saat tertentu saja. Misalnya, ketika mengangkat orang yang sakit didudukkan ke kursi roda atau sebaliknya. Bisa saja memapah ke atau dari kamar mandi, dan lain sebagainya. Jika dilakukan sendiri tidak kuat.

Dari permintaan pengguna jasa perawat, dapat diketahui, yang dicari apakah perawat atau asisten perawat. Kalau anggaran yang disediakan sekian, yang dimaksud, adalah asisten perawat. Atau juga sesuai dengan kondisi pasien. Ada pasien yang tidak menggunakan alat medis apa pun, yang dicari perawat adalah asisten perawat. Pengertian asisten di sini, bukan artinya, orang yang tidak punya ketrampilan dan pengalaman. Yang disediakan adalah orang yang bisa merawat sebagaimana semestinya, hanya, tidak menggunakan alat-alat medis saja. Memang campur baur antara sebutan asisten perawat dan perawat. Yang membedakan hanya derajatnya saja, semuanya sama. Hanya disesuaikan dengan kondisi pasien masing-masing.

Menurut Pasal 2 Permenkes RI No. 80 tahun 2016 tentang penyelenggaraan pekerjaan Asisten Tenaga Kesehatan, salah satu jenis Asisten Tenaga Kesehatan adalah Asisten Perawat. Di dalam pasal 14 menjelaskan bahwa lingkup pekerjaan Asisten Perawat meliputi: Melakukan kebersihan lingkungan keperawatan pasien, meja, tempat tidur, dan kelengkapannya; melakukan personal hygiene pasien termasuk asistensi terhadap pasien; melakukan pencucian peralatan dan melakukan dekontaminasi peralatan keperawatan; membersihkan dan merapihkan alat tenun dan tempat tidur pasien; melakukan asistensi penggantian alat tenun tempat tidur yang ada pasien diatasnya; dan mengidentifikasi dan melaporkan situasi lingkungan yang dapat membahayakan keselamatan klien/pasien.

Di Husada Medical Institute Bandar Lampung, di ajarkan untuk menjadi seorang asisten perawat yg dapat bertugas di rumah sakit di indonesia.Adapun bimbinganya:

Mata Pelatihan Keilmuan dan Ketrampilan
  1. Agama
  2. Medical English
  3. Anatomi Fisiologi
  4. Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Promkes
  5. Farmakologi I
  6. Teknik Keperawatan Dasar I
  7. Komunikasi dan Konseling Kesehatan
  8. Praktek KDK I
  9. Praktek Teknik Keperawatan Dasar I
  10. KDK II
  11. Farmakologi II
  12. Teknnik Keperawatan Dasar II
  13. Manajemen Rumah Sakit
  14. Kesehatan Anak
  15. Dokumentasi Keperawatan
  16. Etika Keperawatan
  17. Neonatus Bayi dan Balita
  18. Ilmu Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak
  19. Praktek Teknik Keperawatan Dasar II
  20. Praktek KDK II
  21. Praktek Kerja Lapangan
  22. Tugas Akhir
​Mata Pelatihan Pengembangan
  1. Personality development
  2. Public relation
  3. Beauty intensive course​
PKL/On The Job Training
Pada akhir masa kuliah, peserta diwajibkan untuk mengikuti On The Job Training atau Kegiatan Praktik Kerja Lapangan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam rangka memasuki dunia kerja.

Post a Comment

1 Comments

  1. That's end result of|as a end result of} I like to mix the length of the games with my successful odds. Since roulette is a 파라오 카지노 sport of chance, all the calculations are at all times primarily based on the assumption that you will not win a single sport. The final step want to|we have to} think about within the earlier than you play section of this information to rising your possibilities to successful at roulette is the game's alternative.

    ReplyDelete