Pengertian dan Tanda Gejala Amyotrophic Lateral Sclerosis

Apa itu Amyotrophic lateral sclerosis?

Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) adalah penyakit sistem saraf di mana sel‐sel tertentu (neuron) di dalam otak dan sumsum tulang mati secara perlahan. Sel ini mengirimkan pesan dari dalam otak dan sumsum tulang menuju otot. Masalah otot ringan muncul pada awalnya,tapi perlahan‐lahan orang menjadi lumpuh. Beberapa orang mengalami ALS selama beberapa tahun. Pada akhirnya otot akan berhenti bekerja. Penyakit ini disebut juga penyakit Lou Gehrig, dinamakan setelah pemain bisbol terkenal yang meninggal karena ALS.
Pengertian dan Tanda Gejala Amyotrophic Lateral Sclerosis

Seberapa umumkah Amyotrophic lateral sclerosis?

ASL adalah penyakit langka. Penyakit ini umumnya mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita pada usia 40‐60 tahun. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala Amyotrophic lateral sclerosis?

ALS sering berawal dari otot salah satu lengan atau kaki yang melemah, atau berbicara dengan tidak jelas. Kelemahan perlahan menyebar ke kedua tangan dan kaki dan bagian tubuh lainnya. Otot punggung dan leher yang melemah membuat kepala tertunduk lemas.Kehilangan jaringan otot (atrophy) dan lidah yang berkedut umum terjadi. Otot yang diperlukan untuk bergerak, berbicara, makan (menelan), dan bernapas pada akhirnya menjadi lumpuh (paralysis).ALS tidak mempengaruhi indra (penglihatan, penciuman, perasa, pendengaran, dan sentuhan), tapi orang mungkin memiliki masalah mental (seperti Aphasia, atau kesulitan menemukan kata‐kata).Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum. Jika ada pertanyaan tentang tanda‐tanda penyakit, konsultasi dengan dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda perlu menghubungi dokter jika Anda mengalami:
  1. Kesulitan berjalan atau melakukan aktivitas harian.
  2. Kaki atau pergelangan kaki melemah atau lumpuh.
  3. Menurunnya fungsi tangan.
  4. Kesulitan menelan atau berbicara.
  5. Kram otot dan lengan, bahu,dan lidah berkedut.
  6. Kesulitan mendongakkan kepala atau menjaga postur tubuh.

Post a Comment

0 Comments