Kenali Penyakit Abses Payudara

Kenali Penyakit Abses Payudara
Kenali Penyakit Abses Payudara 

Abses payudara adalah peradangan (bengkak, merah) dan akumulasi nanah pada payudara yang disebabkan oleh bakteri. Pada kasus yang jarang, abses payudara dapat menjadi tanda dari Kanker Payudara.

Seberapa umumkah abses payudara?
Sekitar 10 – 30% kasus abses payudara terjadi pada wanita setelah hamil dan menyusui. Abses payudara dapat juga terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih, memiliki payudara besar, atau wanita yang tidak menjaga kebersihan diri.

Baca Juga: Pengertian Penyakit Abses perianal dan Pengobatannya

Tanda-tanda & gejala

Tanda abses payudara tergantung dari lokasi abses, stadium penyakit, dan faktor lain. Pada stadium awal, Anda dapat merasakan nyeri pada kelenjar payudara. Kulit luar dapat normal jika inflamasi terjadi di dalam atau dapat terlihat merah, panas dan bengkak jika lokasinya di permukaan payudara.


Saat pembentukan abses, gejala akan bertambah jelas. Saat itu, gejala dapat berupa abses kulit menjadi panas, terluka, dan merah bengkak. Selain itu biasanya muncul pula gejala infeksi berupa Demam, menggigil, Mual dan Muntah.


Komplikasi yang paling berat yaitu osteonekrosis payudara dengan gejala infeksi, keracunan berat: tekanan darah, Depresi tubuh, payudara bengkak membesar, Edema, abses kulit tampak kuning pucat, atau kelenjar getah bening nekrotik membengkak dan nyeri.

Baca Juga: Apa itu abses paru-paru?


Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter bila Anda mengalami gejala-gejala berikut ini:
  1. Kemerahan, bengkak atau nyeri pada dada
  2. Puting tertarik ke dalam atau cairan keluar dari puting susu
  3. Anda merasa nyeri saat menyusui
Segera pergi ke dokter jika Anda mengalami tanda tersebut. Diagnosis dan terapi dini dengan antibiotik dapat mengobati Anda tanpa pembedahan.

Penyebab Abses Payudara

Dua tipe bakteri yang paling sering menyebabkan abses payudara yaitu Staphylococcus aureus dan Streptococcus. Selain itu penyebab lain misalnya bakteri anaerob, bacillus typhoid, dan sumbatan saluran pada payudara akibat bekas luka juga dapat menyebabkan abses payudara.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk abses payudara?
  1. Risiko ini terjadi pada ibu menyusui:
  2. Menyusui dengan tidak sesuai
  3. Waktu menyusui kurang lama sehingga terjadi penumpukan air susu
  4. Menggunakan BH dengan ketat
  5. Puting tergaruk/tercakar
  6. Saluran tersumbat
Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak akan menderita penyakit ini. Faktor tersebut hanyalah referensi saja. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih rinci.

Pilihan Pengobatan Saya Untuk Abses Payudara

Jika abses payudara dideteksi dini, penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik tanpa operasi. Jika dideteksi saat stadium lanjut, pasien akan dilakukan insisi menusuk untuk mengeluarkan abses keluar. Meski begitu, pendekatan ini dapat menyebabkan komplikasi seperti pembentukan abses baru dan fistula dari abses kulit.

Baca Juga: Apa itu abses otak?

Pengobatan di rumah

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi abses payudara:
  1. Anda harus beristirahat, minum banyak air dan konsumsi makanan bergizi selama terapi
  2. Selalu jaga kebersihan
  3. Anda dapat menggunakan handuk hangat dan lembap pada jaringan yang terinfeksi
  4. Jika Anda ibu menyusui, selalu bersihkan payudara Anda, khususnya daerah puting susu.
  5. Idealnya, Anda berhenti menyusui hingga penyakit payudara Anda sembuh
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.


Post a Comment

1 Comments

  1. The folded, flat, and table views can be found and up to date concurrently and in actual time. Fishnet Stockings Sheet metallic fashions could include quantity of} elements, and quantity of} sheet metallic fashions could also be} lively concurrently. For probably the most part, the connection between chemistry and tensile properties is proscribed.

    ReplyDelete