Kamu Wajib Tahu Pemicu Covid-somnia dan Cara Mengatasinya


Pandemi COVID- 19 secara tidak langsung berakibat pada bermacam sisi kehidupan manusia. Bekerja dari rumah, kehabisan pekerjaan, kesusahan ekonomi, susah berhubungan secara langsung, sampai meningkatnya frekuensi pemakaian gawai bisa merangsang tekanan pikiran berkelanjutan yang mempengaruhi siklus tidur seorang.

Keadaan ini diucap pula dengan sebutan covid- somnia ataupun coronasomnia. Fenomena covid- somnia ini bisa terjalin pada siapa saja, baik itu pengidap serta penyintas COVID- 19 ataupun orang lain yang terdampak pandemi COVID- 19. Oleh sebab itu, berarti buat mengenali pemicu serta metode menanggulangi covid- somnia supaya tidur senantiasa bermutu serta tidak mengusik kegiatan tiap hari.

Sebagian Pemicu Covid- somnia

Terdapat sebagian aspek yang diprediksi bisa merangsang seorang hadapi covid- somnia, ialah:
  • Rasa takut serta khawatir
    Pandemi COVID- 19 membuat banyak orang takut serta khawatir hendak tertular virus Corona, terlebih bila mempunyai anggota keluarga yang tercantum dalam kelompok berisiko besar.

    Tidak hanya itu, permasalahan ekonomi serta pekerjaan yang tidak menentu di masa pandemi ini pula bisa menimbulkan timbulnya rasa takut serta takut. Kecemasan serta kekhawatiran ini seakan silih berubah serta memforsir otak buat terus berpikir, sehingga menimbulkan susah tidur ataupun covid- somnia.

  • Tekanan mental serta terisolasi
    Tekanan mental ialah salah satu keadaan yang sering terjalin sepanjang pandemi. Perihal ini terus menjadi diperparah dengan terbatasnya pergerakan serta interaksi dengan saudara serta apalagi keluarga, sehingga tidak sedikit orang yang merasa kesepian.

    Suatu riset menampilkan kalau permasalahan tekanan mental bertambah 3 kali lipat sepanjang pandemi serta berakibat pada berkurangnya waktu tidur serta kenaikan mengkonsumsi minuman beralkohol.

  • Pergantian kegiatan sehari- hari
    Bekerja di rumah terkadang membuat Kamu susah membagi waktu antara bekerja serta istirahat. Inilah yang membuat jam tidur Kamu dapat saja menurun sehingga merangsang covid- somnia.

    Tidak hanya itu, terletak di dalam rumah seharian pula membuat Kamu kurang memperoleh sinar matahari natural. Sementara itu, sinar matahari bisa mempengaruhi ritme sirkadian ataupun jam tidur serta bangun manusia.

  • Pemakaian gawai sangat lama
    Sepanjang pandemi, pemakaian gawai dikenal terus menjadi bertambah. Terlebih kegiatan bekerja serta belajar banyak dicoba di rumah, sehingga membuat banyak orang menggantungkan aktivitasnya lewat fitur elektronik.

    Memandang layar gawai dalam waktu lama, paling utama di malam hari, bisa menimbulkan susah tidur. Ini disebabkan sinar biru dari layar gawai bisa menghentikan penciptaan melatonin, ialah hormon badan yang menolong Kamu tertidur.

    Tidak hanya itu, tekanan pikiran dikala pandemi COVID- 19 membuat seorang lebih gampang hadapi mimpi kurang baik, sebab benak cuma hendak terpusat pada hal- hal yang tidak diharapkan. Kendala mimpi kurang baik inilah yang kesimpulannya membangunkan Kamu dari tidur serta susah buat tidur kembali.

Metode Menanggulangi Covid- somnia

Tidur bisa mempengaruhi raga, mental, serta emosional seorang. Oleh sebab itu, tidur yang lumayan bisa tingkatkan energi tahan badan, guna otak, serta atmosfer hati, dan melindungi kesehatan mental.

Supaya memperoleh tidur yang lumayan, Kamu dapat berupaya sebagian metode menanggulangi covid- somnia berikut ini:
  • Tetapkan agenda aktivitas tiap harinya buat menunjang waktu tidur serta bangun yang tidak berubah- ubah.
  • Jalani kegiatan yang menenangkan saat sebelum tidur, semacam mandi air hangat, mencermati musik yang lembut, ataupun membaca novel.
  • Matikan segala fitur elektronik 1 jam saat sebelum tidur.
  • Jauhi menyaksikan ataupun membaca kabar yang bisa merangsang rasa takut saat sebelum tidur.
  • Mengadakan atmosfer aman di kamar saat sebelum tidur.
  • Upayakan buat senantiasa sangai di dasar cahaya matahari tiap harinya.
  • Jauhi mengkonsumsi minuman berkafein serta beralkohol saat sebelum tidur.
Tidak hanya sebagian metode menanggulangi covid- somnia di atas, Kamu pula wajib menempuh pola hidup sehat dengan komsumsi santapan bergizi balance serta olahraga secara teratur. Walaupun terletak di rumah, Kamu senantiasa dapat melaksanakan berolahraga, semacam yoga, pilates, ataupun zumba secara online.

Kendala tidur banyak terjalin sepanjang pandemi COVID- 19 serta tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena dapat berakibat pada kesehatan raga serta mental. Oleh sebab itu, lekas konsultasikan ke psikolog ataupun psikiater apabila Kamu hadapi covid- somnia supaya bisa lekas ditangani.

Post a Comment

0 Comments