6 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Sakit pinggang dikala berbadan dua (hamil) merupakan keluhan universal yang sering terjadi di trimester 2, mulai bulan kelima serta ketujuh kehamilan. Tetapi dalam sebagian permasalahan, perih dapat diawali sejak dini di minggu ke-8 hingga 12 minggu.

Sakit pinggang tersebut biasanya dipicu oleh kenaikan penciptaan hormon relaksin buat menolong badan mempersiapkan kehamilan. Tetapi, hormon ini pula membuat ligamen di persendian panggul Kamu mengendur. Persendian panggul yang melemah tidak dapat optimal menaham beban badan, sehingga zona pinggang serta punggung dasar rentan hadapi perih.




Sebelum kita membahas bagaiamana cara mengatasi sakit pinggang pada saat hamil, ada baiknya kita tahu sebab-sebab sakit pinggang saat hamil. Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang bisa menimbulkan sakit pinggang dikala hamil serta gimana metode menanggulangi keluhan bunda, simak dengan baik ya penjelasan berikut ini:

Pemicu Sakit Pinggang Dikala Hamil

Sebagian perihal yang bisa menimbulkan sakit pinggang dikala berbadan dua merupakan selaku berikut:


1. Akumulasi berat badan

Sepanjang kehamilan, wajarnya Kamu hendak hadapi peningkatan berat tubuh antara 10 hingga 15 kilogram. Peningkatan berat tubuh sepanjang hamil tersebut pasti menaikkan beban yang wajib ditopang oleh tulang belakang.

Terlebih, berat tubuh bakal anak yang terus menjadi meningkat serta rahim yang terus menjadi besar pula hendak membagikan tekanan pada pembuluh darah serta saraf di punggung serta panggul yang dapat menimbulkan sakit pinggang.


2. Pergantian bentuk badan tubuh

Kehamilan hendak ikut mengganti metode Kamu berdiri, duduk, sampai tidur. Pergantian posisi ini terkadang dapat menimbulkan punggung serta pinggang Kamu menerima lebih banyak tekanan sehingga rawan sakit ataupun terasa tegang.


3. Pergantian hormon

Dikala berbadan dua, badan Kamu menciptakan hormon relaxin yang berperan buat melenturkan ligamen di zona panggul serta persendian, sehingga lebih rileks buat persiapan melahirkan.

Pengenduran ligamen tersebut bisa menimbulkan perih sebab tulang wajib menahan beban selaku kompensasinya.

Hormon relaxin pula bisa menyebabkan ligamen pada otot penyangga tulang balik mengendur, sehingga menyebabkan ketidak stabilan otot yang bisa menyebabkan perih.


4 Stres

Tekanan pikiran bisa menimbulkan ketegangan otot yang memunculkan rasa perih ataupun tegang pada punggung. Umumnya, pergantian hormon serta atmosfer hati sepanjang kehamilan bisa membuat bunda berbadan dua kerap hadapi tekanan pikiran. Keadaan ini yang setelah itu pula bisa merangsang sakit pinggang dikala berbadan dua.


Metode menanggulangi sakit pinggang

Walaupun terasa sangat mengusik, tetapi Kamu tidak disarankan buat komsumsi obat sakit pinggang tanpa pengawasan dokter. Nah, buat mengatasinya, berikut panduan yang dapat Kamu simak.


1. Perbaiki bentuk badan badan Anda

Salah satu pemicu dari sakit pinggang merupakan bentuk badan badan bunda berbadan dua yang berganti sebab titik gravitasinya beralih condong ke depan. Selaku metode menanggulangi sakit pinggang dikala berbadan dua, cobalah buat mulai membetulkan bentuk badan badan yang benar dikala berjalan serta duduk.

berikut bentuk badan badan yang baik :

  • Berdiri tegak serta tidak membungkuk.
  • Jaga bahu Kamu senantiasa sedikit ke balik serta posisikan dengan rileks.
  • Dikala Kamu hendak berdiri, lebarkan kaki Kamu buat memperoleh dorongan yang baik dikala mau bangun dari duduk
  • Jangan sangat lama berdiri. Bila Kamu wajib berdiri dalam waktu lama, luangkan buat duduk ataupun istirahat.
  • Dikala duduk, seleksi sofa yang mempunyai sandaran punggung serta tempatkan bantalan kecil di balik punggung dasar Kamu. Dengan begitu, otot punggung dasar tidak begitu terbebani.


2. Gunakan alas kaki yang nyaman

Jauhi mengenakan sepatu ataupun alas kaki dengan hak besar. Kenakan sepatu dengan hak rendah, datar, ataupun dengan lekukan sol yang baik serta tidak keras. Mengenakan sepatu yang aman hendak kurangi tekanan pada panggul.


3. Jangan mengangkut barang berat

Dikala mengangkut barang kecil, yakinkan Kamu dalam posisi jongkok terlebih dulu buat setelah itu mengangkut barang tersebut. Jauhi posisi membungkuk sebab hendak membagikan tekanan pada punggung.

Angkatlah beban berat tersebut dengan dorongan dari kaki bukan dari punggung Kamu. Jauhi mengangkut benda- benda yang sangat berat, sebab beresiko buat Kamu serta bakal anak.


4. Senantiasa aktif

Walaupun tidak boleh banyak melaksanakan pekerjaan berat, bukan berarti Kamu cuma wajib duduk diam ataupun cuma berbaring.

Dikala berbadan dua, senantiasa jalani kegiatan raga yang tertib serta nyaman untuk Kamu. Rutinitas raga tersebut bisa membuat punggung Kamu kokoh serta meredakan sakit pinggang sepanjang kehamilan.

Supaya senantiasa aktif, Kamu dapat berupaya buat jalur kaki di pagi hari ataupun berenang. Berolahraga pula bisa melatih peregangan otot yang dapat menolong meredakan sakit pinggang.


5. Pakai bantal hangat

Buat meredakan sakit pinggang, Kamu dapat memijat bagian panggul yang sakit ataupun menghangatkannya dengan bantal pemanas yang diletakkan di punggung ataupun bagian pinggang.

Pada permasalahan perih yang timbul tiba-tiba, kompres dingin pada bagian yang terasa perih pula bisa menolong.


6. Tidur miring

Cari posisi tidur yang aman buat meredakan perih pada pinggang. Istirahatlah dalam posisi miring dengan menekuk satu ataupun kedua lutut Kamu. Kamu pula dapat memakai bantal buat menyangga lutut yang ditekuk, di dasar perut serta di balik punggung. Posisi tidur yang direkomendasikan merupakan miring ke kiri.


Bila Kamu merasakan sakit pinggang dikala hamil yang berlangsung lebih dari 2 minggu, segeralah bertanya pada dokter. 

Post a Comment

0 Comments