Hati-Hati Penyakit Mengintai Si Kecil Pasca Idul Fitri



Bandar Lampung – Idul Fitri merupakan momen yang selalu dinantikan oleh anak-anak. Pasalnya ketika lebaran, mereka akan menggunakan baju baru, bertemu sanak saudara, makan hidangan lezat, dan mendapat uang “THR”.

 

Sehingganya menjadi wajar bila anak-anak cenderung lebih aktif dan periang. Disisi lain hal ini tentu membahagiakan bagi para orang tua, tapi, ibu tetap perlu waspada dengan penyakit yang rentan mengintai anak-anak pasca idul fitri.

 

Saat idul fitri seseorang cenderung menyuguhkan banyak makanan dan minuman manis, yang dapat menarik perhatian anak-anak. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan dan minuman tersebut bisa membuat Si Kecil sakit. Ketahui beberapa penyakit yang rentan mengintai Si Kecil pasca lebaran berikut ini.

  1. Perut kembung. Anak-anak kerap antusias ketika bertemu sanak saudara, terutama yang seusia dengannya. Jadi, tak jarang mereka makan sambil berlarian, membuatnya berisiko mengalami perut kembung akibat menelan udara ketika sedang makan.
  2. Batuk dan pilek. Gejalanya adalah hidung tersumbat, mata berair, batuk, dan demam ringan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau reaksi alergi.
  3. Alergi. Kondisi ini dapat terjadi akibat makanan tertentu karena anak makan berbagai macam jenis makanan dan jajanan saat lebaran.
  4. Diare. Penyakit yang nggak boleh dianggap sepele karena pada kasus yang parah, diare pada anak menyebabkan dehidrasi, demam, dan kram perut yang hebat. Diare pada kasus ringan ditandai dengan seringnya Si Kecil buang air besar dengan feses yang lebih encer. Diare rentan terjadi jika Si Kecil tidak mencuci tangan sebelum makan, serta konsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri penyebab diare. Selain diare, Si Kecil juga rentan mengalami sembelit akibat asupan serat yang kurang
  5. Sakit gigi, sering terjadi akibat konsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan.

 

Kecerian seketika akan menjadi hilang ketika orang tua mengetahui anaknya sakit apalagi dimomen idul fitri. Nah, Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi pada anak bunda, simak tips berikut ini untuk mencegah Si Kecil sakit pasca idul fitri:

  1. Perhatikan asupan makanan Si Kecil. Jangan biarkan ia makan berlebihan dan sembarangan, terutama makanan dan minuman manis, seperti permen, es krim, dan cokelat.
  2. Jangan lupa untuk memberikan Si Kecil asupan serat, terutama dari buah dan sayuran, guna mencegah sembelit pasca lebaran.
  3. Ajari Si Kecil untuk selalu mencuci tangan pakai sabun, terutama sebelum makan, untuk mencegah kontaminasi kuman dari tangan ke makanan. Bila perlu, ibu membawa hand sanitizer saat bepergian untuk berjaga-jaga.
  4. Minta Si Kecil untuk duduk diam saat makan untuk mengurangi risiko tersedak, muntah, dan perut kembung.
Itulah penyakit yang rentan mengintai Si Kecil pasca Idul Fitri. Kalau Si Kecil mendadak punya keluhan sakit saat puasa atau lebaran, anda juga bisa langsung konsultasi dengan dokter.

 

Semoga bermanfaat

Post a Comment

1 Comments

  1. Unlike different typical applications, Meshmixer Waterproof Electric Lighters doesn't enable one to build 3D models from scratch. Nevertheless, it is useful for repairing, hollowing, and filling pre-existing models. Meshmixer is used for direct modeling, optimization, and sculpting.

    ReplyDelete